Miliki Mood Ceria saat Dilanda PMS

KONON, wanita adalah makhluk Tuhan paling kuat. Itu sebabnya banyak kaum hawa dijuluki wonder woman. Namun, wanita juga bisa menjadi makhluk cengeng dan lemah. Apa penyebabnya?

Banyak hal bisa mengubah mood seorang wanita secara drastis. Apalagi, saat tengah memasuki masa pre-menstruation syndrome (PMS), bisa jadi semua orang kena “semprot” omelannya.

Nah, untuk Anda kaum hawa yang ingin membuat mood lebih ceria saat dilanda PMS,

Olahraga teratur

Aktivitas fisik ialah cara paling tepat untuk memproduksi endorphins di dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga mendorong kadar serotonin dalam tubuh untuk membuat mood wanita stabil.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan, olahraga seperti aerobik dan latihan fisik dapat menurunkan serta mencegah depresi. Selain itu, dapat memperbaiki gejala PMS pada wanita. Untuk itu, para ahli merekomendasikan wanita untuk olahraga setidaknya 30 menit per hari.

Jangan pantang makan

Banyak wanita mengonsumsi sedikit kalori ketika hendak menurunkan berat badan. Bila diet yang dijalani tidak tepat, justru menyebabkan tubuh kekurangan vitamin, mineral, dan protein. Sementara wanita lain justru jarang makan sehingga kadar gula dalam tubuhnya turun. Padahal, saat otak kekurangan gula, seseorang akan mudah mengalami stres.

Makan 5-6 kali dalam porsi kecil sehari dengan kandungan karbohidrat cukup, bisa menaikkan kadar serotonin dalam tubuh. Jangan lupa sertakan protein dalam menu Anda, karena protein dapat menurunkan kadar emosi.

Minum suplemen kalsium

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi 1.200 miligram kalsium karbonat per hari dapat mengurangi gejala PMS sebanyak 48 persen. Bukti lain menunjukkan, dengan mengonsumsi 200-400 mg magnesium juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada mood wanita.

Tulis dalam blog

Tuangkan segala kejadian yang Anda alami setiap hari dalam berbagai sarana yang bisa Anda manfaatkan, seperti buku harian, blog, cerita ke sahabat, dan sebagainya. Langkah ini sangat berguna sebagai media pelampiasan saat Anda marah atau sedih. Anda bisa meluapkan setiap masalah yang sedang mengganggu pikiran. Selain itu, cara ini juga aman untuk menstabilkan emosi, tanpa harus menjauhkan diri dari lingkungan sekitar.

Atur napas dan berdoa

Tariklah nafas dengan kuat, lalu tahan selama 5 detik. Lepaskan tarikan napas tersebut dengan perlahan. Ulangi terus sampai beberapa saat. Ini akan membuat Anda rileks dan jauh dari rasa panik atau gundah.

“Anda bisa menggunakan teknik napas damai 5-5. Hitung napas dalam 5 kali ketukan, 5 kali ketukan saat menahan nafas, dan 5 ketukan berikutnya saat melepaskan nafas. Cara ini bisa dilakukan setiap hari, saat bangun tidur, sedang gelisah, khawatir, dilanda stres, ingin memulai meeting, bahkan saat menunggu kendaraan di halte bus. Lakukan rutin selama tiga pekan, dan lihatlah reaksi yang akan ditimbulkan oleh tubuh Anda,” papar Reza Gunawan selaku pakar penyembuhan holistik di acara peluncuran wajah baru Jacobs di Bimasena Hotel Dharmawangsa, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Setelah itu, ciptakan kata-kata yang dapat menenangkan diri Anda. Buanglah napas bersamaan dengan untaian doa yang bisa membuat Anda tenang serta mengembalikan rasa kepercayaan diri